Rabu, 21 Maret 2012

pasar monopoli

                                                                        BAB I
                                                               PENDAHULUAN
1.1  LATAR BELAKANG
Dewasa ini, banyak dari kita yang tidak mengetahui tentang pasar monopoli. Pengertiannya, macam-macamnya, bagaimana terjadinya pasar monopoli dan lain-lain. Padahal sebenarnya kegiatan monopoli itu sendiri terkadang sering kita jumpai. Disuatu Negara ada juga yang menerapkan kegiatan monopoli didalam suatu pasar. Kegiatan tersebut juga sangat berpengaruh pada perekonomian suatu Negara tersebut. Maka dari itu sebelum kita membahas lebih jauh tentang apa itu pasar monopoli, macam-macamnya, mengapa terjadinya pasar monopoli bahkan sampai kegiatan apa saja yang dilakukan oleh pasar monopoli kita lebih baik menganalisa terlebih dahulu didalam makalah ini. Dengan pembuatan makalah ini diharapkan kita dapat mengetahui tentang apa saja mengenai pasar monopoli. Kita juga dapat mengetahui system pasar monopoli dinegara kita sendiri. Selain itu, kita pun juga dapat mengetahui kelemahan dan kelebihan dari adanya pasar monopoli.
1.2  RUMUSAN MASALAH
1.      Apa pengertian dari pasar monopoli? Jelaskan!
2.      Apa ciri-ciri dan sifat dari pasar monopoli?
3.      Apa penyebab terjadinya pasar monopoli?
4.      Apa kerugian dari adanya pasar monopoli?
5.      Cara apa saja kah yang harus dilakukan pemerintah dalam mencegah kerugian-kerugian yang disebabkan pelaku monopoli?
6.      Apa saja kah macam-macam pasar monopoli yang tidak dilarang?
7.      Apa konsep dasar dari pasar monopoli?
8.      Apa kelebihan dan kelemahan dari pasar monopoli?
1.3  TUJUAN DAN MANFAAT
1.      Dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama dalam kelompok dengan baik.
2.      Memberi pelatihan berbasis kompetensi untuk mengembangkan keterampilan mengamati dan mendokumentasikan semua aspek yang berkaitan dengan pasar monopoli.
3.      Mengetahui pengertian dari pasar monopoli beserta penjelasannya.
4.      Mengetahui ciri-ciri dan sifat dari pasar monopoli.
5.      Mengetahui penyebab terjadinya pasar monopoli.
6.      Mengetahui kerugian dari adanya pasar monopoli.
7.      Mengetahui cara yang dilakukan pemerintah dalam mencegah kerugian-kerugian yang disebabkan oleh pelaku monopoli.
8.      Mengetahui macam-macam pasar monopoli yang tidak dilarang.
9.      Mengetahui konsep dasar dari pasar monopoli.
10.  Mengetahui kelebihan dan kekurangan dari pasar monopoli.
BAB II
                                                                         TEORI
            Pasar monopoli berasal dari bahasa yunani, yaitu monos yang berarti satu dan polein yang berarti menjual. Jadi, pengertiaan dari pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai “monopolis”. Sebagai penentu harga, seorang penjual dapat menaikan atau mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi, semakin sedikit barang yang diproduksi, semakin mahal harga barang tersebut, begitu pula sebaliknya. Walaupun demikian, penjual juga memiliki suatu keterbatasan dalam penetapan harga. Apabila penetapan harga terlalu mahal, maka orang akan menunda atau berusaha mencari atau membuat barang pengganti produk tersebut atau lebih buruk lagi mencarinya dipasar gelap (black market). Perusaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat. Biasanya keuntungan yang dinikmati oleh perusahaan monopoli adalah keuntungan formal dan ini diperoleh karena terdapat hambatan yang tangguh yang dihadapi perusahaan-perusahaan lain untuk memasuki industry tersebut. Struktur pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya ada satu produsen/penjual saja didalam pasar, dan perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat (close substitution). Contoh monopoli adalah Microsoft windows, perusahaan listrik Negara (PLN), perusahaan kereta api (PT KAI) dan lain sebagainya. Ada pun ciri-ciri pasar monopoli yaitu pasar monopoli adalah industry satu perusahaan (sifat ini sudah secara jelas terlihat dari definisi monopoli tersebut, yaitu hanya ada satu perusahaan saja dalam industry tersebut. Dengan demikian barang atau jasa yang dihasilkan tidak dapat dibeli ditempat lain. Para pembeli tidak mempunyai pilihan lain, kalau mereka menginginkan barang tersebut maka mereka harus membeli dari perusahaan monopoli tersebut. Syarat-syarat penjualan sepenuhnya ditentukan oleh produsen monopoli itu, dan para pembeli tidak dapat berbuat suatu apapun didalam menentukan syarat jual beli), tidak mempunyai barang pengganti yang mirip (barang yang dihasilkan oleh perusahaan tidak monopoli tidak dapat digantikan oleh barang lain. Barang tersebut merupakan satu-satunya jenis barang yang ada dipasar dan tidak terhadap barang mirip (close substitute) yang dapat menggantikan barang tersebut. Aliran listrik contoh dari barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang mirip. Yang ada hanyalah pengganti yang sangat berbeda sifatnya, yaitu lampu minyak. Lampu minyak tidak dapat menggantikan listrik karena ia tidak dapat digunakan untuk menghidupkan televisi atau memanaskan strika), hard to entry (sifat ini merupakan sebab utama yang menimbulkan perusahaan mempunyai kekuasaan monopoli. Tanpa sifat ini pasar monopoli tidak akan terwujud, karena tanpa adanya halangan tersebut pada akhirnya akan terdapat beberapa perusahaan didalam industry. Keuntungan perusahaan monopoli adalah tidak adanya perusahaan-perusahaan lain yang dapat memasuki industry/pasar. Hambtan (barrier) tersebut, ada yang bersifat legal formal melalui suatu undang-undang, ada yang bersifat teknologi yang sangat canggih dan tidak mudah dicontoh, ada karena factor skala ekonomi usaha (economy of scale) dan lain sebagainya), dapat mempengaruhi penentuan harga (oleh karena perusahaan monopoli merupakan satu-satunya penjual didalam pasar, maka ia mempunyai kekuasaan penuh dalam menentukan harga barang yang dijualnya dipasar. Oleh sebab itu perusahaan monopoli dipandang sebagai penentu harga atau price setter. Dengan mengadakan pengendalian terhadap produksi dan jumlah barang ditawar perusahaan monopoli dapat menentukan harga pada tingkat yang dikehendakinya), promosi iklan kurang diperlukan (oleh karena perusahaan monopoli adalah satu-satunya perusahaan didalam industry, ia tidak perlu mempromosikan barang yang akan dijualnya dengan menggunakan iklan. Pembeli yang memerlukan barang terpaksa harus membeli barang yang diproduksi oleh produsen monopolis tersebut. Jika perusahaan tersebut membuat iklan, umumnya hanya ditunjukan untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggannya). Sebab-sebab timbulnya monopoli adalah ditetapkannya undang-undang (monopoli undang-undang). Atas pertimbangan pemerintah, maka pemerintah dapat memberikan hak pada suatu perusahaan seperti PT. Pos dan giro, PT. PLN. Hasil pembinaan mutu dan spesifikasi yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain, sehingga lama kelamaan timbul kepercayaan masyarakat untuk selalu menggunakan produk tersebut. Hasil cipta atau karya seseorang yang diberikan kepada suatu perusahaan untuk diproduksi, yang kita kenal dengan istilah hak paten atau hak cipta. Sumber daya alam, perbedaan sumber daya alam menyebabkan suatu produk hanya dikuasai oleh satu daerah tertentu seperti timah dari pulau Bangka. Modal yang besar, berarti mendukung suatu perusahaan untuk lebih mengembangkan dan penguasaan terhadap suatu bidang usaha. 
                                                                        BAB III
                                                                  PEMBAHASAN
3.1 Pengertian pasar monopoli
Pasar monopoli berasal dari bahasa yunani, yaitu monos yang berarti satu dan polein yang berarti menjual. Jadi, pengertiaan dari pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai “monopolis”. Sebagai penentu harga, seorang penjual dapat menaikan atau mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi, semakin sedikit barang yang diproduksi, semakin mahal harga barang tersebut, begitu pula sebaliknya. Walaupun demikian, penjual juga memiliki suatu keterbatasan dalam penetapan harga. Apabila penetapan harga terlalu mahal, maka orang akan menunda atau berusaha mencari atau membuat barang pengganti produk tersebut atau lebih buruk lagi mencarinya dipasar gelap (black market).
3.2 Ciri-ciri dan sifat dari pasar monopoli
            Ada beberapa cirri dan sifat dasar dari pasar monopoli. Cirri utama pasar monopoli adalah adanya seorang penjual yang menguasai pasar dengan jumlah pembeli yang sangat banyak. Cirri lainnya adalah tidak terdapatnya barang pengganti yang memiliki persamaan dengan produk monopolis dfan adanya hambatan yang besar untuk dapat masuk kedalam pasar. Hambatan itu sendiri secara langsung maupun tidak langsung. Hambatan tersebut biasanya diciptakan oleh perusahaan yang mempunyai kemampuan untuk memonopoli pasar. Perusahaan monopolis akan berusaha menyulitkan pendatang baru yang ingin masuk kepasar tersebut dengan beberapa cara. Salah satu dari cara tersebut yaitu dengan cara menetapkan harga serendah mungkin. Dengan menetapkan harga ke tingkat yang paling rendah, perusahaan monopoli menekan kehadiran perusahaan baru yang memiliki modal kecil. Perusahaan tersebut tidak akan mampu bersaing dengan perusahaan monopolis yang memiliki kekuatan pasar, image produk, dan harga murah. Sehingga lama kelamaan perusahaan tersebut akan mati dengan sendirinya. Cara lainnya adalah dengan menetapkan hak paten atau hak cipta dan hak eksklusif pada suatu barang yang biasanya diperoleh melalui peraturan pemerintah. Tanpa kepemilikan hak paten, perusahaan lain tidak berhak menciptakan produk sejenis sehingga menjadi perusahaan monopolis sebagai satu-satunya produsen di pasar.
            Dengan adanya penjelasan diatas kita dapat menyimpulkan bahwa ciri-ciri dari pasar monopoli adalah sebagai berikut ini:
1.Hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran
2.Tidak ada barang subsitusi/pengganti yang mirip
3.Produsen memiliki kekuatan menentukan harga
4.Tidak ada penguasa lain yang memasuki pasar tersebut karna ada hambatan dari beberapa keunggulan perusahaan
3.3 Penyebab terjadinya pasar monopoli
Ada beberapa penyebab terjadinya pasar monopoli, diantaranya adalah sebagai berikut ini:
1.Ditetapkannya undang-undang atas pertimbangan pemerintah, maka pemerintah dapat memeberikan hak pada suatu perusahaan seperti PT Pos dan Giro, PT. PLN. Hasil pembinaan mutu dan spesifikasi yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain, sehingga lama kelamaan timbul kepercayaan masyarakat untuk selalu menggunakan produk tersebut. Hasil cipta atau karya seseorang yang diberikan kepada suatu perusahaan untuk diproduksi, yang kita kenal dengan istilah hak paten atau hak cipta.
2.Perbedaan sumber daya alam menyebabkan suatu produk hanya dikuasai oleh suatu daerah tertentu seperti timah dari pulau Bangka.
3.4 Kerugian-kerugian yang disebabkan oleh pasar monopoli
Kerugian-kerugian yang disebabkan oleh pasar monopoli adalah sebagai berikut ini:
1.Ketidakadilan, karena monopolis akan memperoleh keuntungan diatas keuntungan normal
2.Volume produksi ditentukan oleh monopolis
3.Terjadinya eksploitasi oleh monopolis terhadap konsumen dan pemilik factor-faktor produksi
3.5 Usaha/cara pemerintah dalam mencegah kerugian-kerugian yang disebabkan oleh pasar monopoli
Pemerintah dapat mencegah kerugian-kerugian yang disebabkan pelaku monopoli dengan cara sebagai berikut ini:
1.Mencegah munculnya monopoli dengan undang-undang
2.Pemerintah mendirikan perusahaan tandingan yang mampu menyaingi monopolis
3.Membuka impor untuk barang yang diproduksi oleh monopolis
4.Campur tangan pemerintah dalam menentukan harga
3.6 Macam-macam monopolis yang tidak dilarang
Macam-macam monopolis yang tidak dilarang, yaitu:
1.Monopoli by law
Monopoli oleh Negara untuk cabang-cabang produksi penting bagi Negara dan menguasai hajat hidup orang banyak.
2.Monopoli by nature
Monopoli yang lahir dan tumbuh secara alamiah karena didukung iklim dan lingkungan tertentu.
3.Monopoli by lisence
Izin penggunaan hak atas kekayaan intelektual.
3.7 Konsep dasar dari pasar monopoli
            Pasar monopoli timbul akibat adanya praktek monopoli, yaitu pemusatan kekuatan ekonomi oleh satu pelaku usaha/penjual yang mengakibatkan dikuasainya oleh produksi dan pemasaran atas barang dan jasa tertentu sehingga menimbulkan persaingan usaha tidak sehat dan dapat merugikam kepentingan umum. Berarti yang dimaksud dengan pasar monopoli adalah suatu bentuk hubungan antara permintaan dan penawaran yang dikuasai oleh satu pelaku ekonomi terhadap permintaan seluruh konsumen. Walaupun dipasar monopoli penjual tidak memiliki saingan, belum tentu ia dapat memperoleh keuntungan yang besar. Hal ini mungkin saja terjadi bila biaya produksi berada diatas harga pasar. Sehingga kurva permintaan yang ada di monopoli sama dengan (=) kurva permintaan pasar. Dimana pada kurva permintaan pasar, kurva penerimaan rata-rata (AR) dan kurva penerimaan marginal (MR) dapat ditentukan. Bagi perusahaan monopolis, kurva penerimaan marginal (MR) lebih rendah dari harga dengan tujuan barangnya dapat terjual.
3.8 Kelebihan dan kelemahan dari pasar monopoli
Didalam usaha pasti memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing tidak terkecuali dengan pasar monopoli. Pasar monopoli pun memiliki suatu kelebihan dan kelemahnya masing-masing. Kelebihan dari pasar monopoli yaitu keuntungan penjual cukup tinggi, untuk produk yang menguasai hajat hidup orang, biasanya diatur oleh pemerintah. Ini menguntungkan konsumen karena penjual tidak dapat menentukan harga dengan semuanya. Sedangkan kelemahan dari pasar monopoli adalah pembeli tidak ada pilihan lain untuk membeli barang, keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan, dan terjadinya eksploitasi pembeli.


1 komentar: