Selasa, 08 Januari 2013

Tugas 1 Bahasa Indonesia 1



Budaya Indonesia Yang Hampir Punah


Indonesia adalah Negara yang memiliki macam-macam kebudayaan. Indonesia juga dikenal sebagai Negara yang penduduknya ramah dan sopan tetapi sayangnya pada zaman sekarang banyak generasi muda yang sudah tersentuh atau mengikuti budaya barat. Sehingga budaya Indonesia yang sudah turun menurun akan punah. Kita sebagai orang Indonesia yang berbudi luhur pasti tahu dengan budaya yang akan saya bahas ini. Berikut adalah contoh budaya Indonesia yang hamper punah:

1.Cium Tangan Pada Orang Tua
Cium tangan pada orang tua adalah salah satu budaya Indonesia yang hampir punah. Cium tangan pada orang tua biasanya disebut salim. Di Indonesia salim atau mencium tangan orang tua merupakan kewajiban anak kepada orang tua disaat ingin pergi ke sekolah atau berpamitan ke tempat lain. Bagi orang-orang Indonesia hal ini penting karena selain untuk menanamkan rasa cinta kita sama orang tua, cium tangan orang tua atau salim juga sebagai tanda hormat dan terima kasih kita sama mereka. Cium tangan orang tua dikatakan hampir punah dikarenakan generasi sekarang yang sudah mengikuti budaya barat, sedangkan pada budaya barat hal ini tidak pernah dilakukan. Jadi kita sebagai warga Indonesia , jagalah budaya Indonesia yang telah turun-menurun agar budaya kita tidak punah dan Negara Indonesia yang terkenal sebagai Negara yang sopan dan santun tetap terus terjaga nama baiknya dimata Negara lain.

2.Penggunaan Tangan Kanan
Penggunaan tangan kanan biasanya di Indonesia disebut sebagai tangan baik. Tradisi ini membedakan tangan kanan dan tangan kiri. Tangan kanan sebagai tangan baik yang bertugas untuk berjabat tangan, memberikan barang atau sesuatu ke orang lain, bahkan makan pun menggunakan tangan kanan kecuali memang di anugerahi kebiasaan kidal sejak lahir. Sedangkan tangan kiri biasanya disebut tangan yang tidak baik karena bertugas untuk membersihkan kotoran jika kita sedang buang air besar atau pun buang air kecil. Mungkin bila diluar negeri kebiasaan ini tidak ada masalah artinya tidak ada pembeda antara tangan kanan dan tangan kiri. Inilah perbedaan budaya Indonesia dengan Negara-negara lain. Maka kita sebagai warga Indonesia seharusnya bangga dan teap terus melestarikan budaya ini.

3.Senyum dan Sapa
Senyum dan sapa termasuk ciri khas warga Indonesia. Budaya senyum dan sapa lah yang membuat citra bangsa kita sebagai Negara ramah tamah dan murah senyum. Jadi lestarikan lah budaya senyum dan sapa ini agar citra bangsa kita tetap baik dimata Negara lain. Lagipula senyum dan sapa itu kan hal yang sangat mudah kita lakukan selain tidak merugikan diri sendiri, senyum dan sapa kan merupakan ibadah dan dapat menambah keakraban dengan sekitar kita.

4.Musyawarah
Satu lagi kita temukan budaya Indonesia yang hampir punah yaitu Musyawarah. Musyawarah adalah suatu system pengambilan keputusan yang melibatkan banyak orang dengan mengakomodasi semua kepentingan sehingga tercipta satu keputusan yang disepakati bersama dan dijalankan oleh seluruh peserta yang mengikuti musyawaarah. Mengapa saya sebut musyawarah adalah budaya Indonesia yang hampir punah? Karena budaya ini sudah jarang ditemui khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta. Kebanyakan penduduk dikota besar hanya mementingkan egonya masing-masing. Tapi coba kita lihat di desa-desa yang masih menggunakan budaya ini untuk menyelesaikan suatu masalah. Sehingga hidup mereka tentram dan saling percaya. Tujuan musyawarah itu sendiri adalah agar kita mendapatkan solusi bersama agar kedua belah pihak tidak merasa dirugikan. Jadi kita sebagai generasi muda harus melestarikan budaya yang satu ini agar hidup kita tentram dan damai.

5.Gotong Royong
Gotong royong adalah budaya Indonesia terakhir yang hampir punah yang akan saya bahas. Ingat tidak saat bangsa kita dijajah oleh Belanda dan Jepang? Tau tidak kalian mengapa Indonesia bisa merdeka? Gotong royong lah jawabannya. Kenapa? Karena tanpa adanya persatuan diantara rakyat Indonesia, Indonesia tidak akan merdeka. Itu lah sebabnya gotong royong itu penting didalam kehidupan kita. Gotong royong juga bisa diterapkan pada lingkungan sekitar kita contohnya jika ada kerja bakti. Jadi jangan berfikir lagi untuk tidak menerapkan budaya ini dikehidupan kita supaya budaya Indonesia yang sudah turun-menurun dapat terus terjaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar